September 26, 2022

Kenang Tokoh Pramuka, Ambalan SMAN 7 Malang Ziarah Makam Pendahulu

SABHATANSA РHari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus dikenal dengan hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia. Gerakan pramuka atau scouting dipopulerkan seorang tokoh bernama Lord Baden Powell pada tahun 1907. Gerakan ini ditujukan sebagai cara untuk membina remaja di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Ia melakukan pramuka secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan cara berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari.

Sejarah lahirnya Gerakan Pramuka ini juga ingin dikenalkan oleh tim Pembina Gerakan Pramuka SMAN 7 Malang. Duet Ahmad Nur Khoir, S.Pd dan Nurul Khusnia, S.Pd dalam mendampingi siswa-siswi yang aktif di gerakan pramuka ingin memupuk rasa cinta dan penghargaan tertinggi terhadap sejarah. Untuk itulah pada rangkaian perayaan Hari Pramuka 2022 yang berakhir pada Jumat (26/8) pekan lalu diwarnai dengan ziarah kubur ke makam para rokoh pejuang Gerakan Pramuka SMAN 7 Malang. “Kami awali 14 Agustus 2022 dengan ziarah ke makam Pak Wijayadi, tokoh pramuka yang juga guru SMAN 7 Malang,” kata Pembina Pramuka SMAN 7 Malang Ahmad Nur Khoir, S.Pd saat ditemui tim humas di ruang kerjanya.

Bapak dua anak yang juga alumni Pondok Pesantren Nurul Huda Gading ini memaparkan, agenda setiap tahun tidak pernah lewat yakni ziarah dan dilanjutkan pemberian santunan kepada keluarga almarhun Pak Wijayadi. Ini dilakukan karena jasa-jasa Pak Wijayadi yang teramat besar kepada Gerakan Pramuka SMAN 7 Malang. “Anak-anak juga akan paham nantinya jika perjuangan sekecil apapun tidak akan sia-sia. Sama seperti yang dilakukan Pak Wijayadi,” jelasnya.

Selain ziarah, juga dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-61 Pramuka di lapangan indor SMAN 7 Malang. Dilanjutkan perlombaan antar kelas kemudian ditutup dengan pembagian hadiah serta apel pada 26 Agustus 2022. “Tahun depan semoga pelaksanaannya semakin baik dan kegiatan lebih kreatif lagi,” tutupnya.

Rangkaian Kegiatan hari Pramuka 2022;

  1. Minggu, 14 Agustus 2022
    Ziarah ke makam almarhum Pak Widjayadi selaku tokoh pramuka sma n 7 malang dilanjutkan pemberian tali asih kepada keluarga alm Pak Widjayadi di kediamannya Jl Tombro
  2. Senin, 15 Agustus 2022
    Upacara HUT Ke-61 Pramuka oleh seluruh kelas X dengan pembina upacara, kepala sekolah selaku Kamabigus
  3. Jumat, 19 Agustus 2022
    Lomba-lomba kepramukaan (pionering, yel yel, cerdas cermat, tepung berjalan, dan suporter) dalam rangka peringatan HUT Pramuka ke 61 yang diikuti oleh seluruh kelas X
  4. Jumat, 26 Agustus 2022
    Pembagian hadiah di akhir apel penutupan kegiatan pramuka wajib kelas X (di hadiri kepala sekolah dan waka kesiswaan serta pembina pramuka)