September 26, 2022

Gandeng Dinkes dan Poltekkes Kota Malang Ajak Siswa Melek Kesehatan Reproduksi Remaja

Kesehatan reproduksi remaja menjadi perhatian penting SMAN 7 Malang. Hal itu terlihat dari kegiatan sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang dilaksanakan Selasa (26/7) pagi. Berlangsung di ruang Widyakrama sebanyak 50 siswa perwakilan kelas dihadirkan untuk mendapatkan informasi penting yang menjadi bagian dari tumbuh kembang remaja ini. Kepala SMAN 7 Malang Dr. Basuki Agus Priyana Putra, M.Pd mengatakan informasi terkait kesehatan reproduksi remaja sangat penting untuk diketahui para siswa. “Maka kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Malang dan Poltekkes Kota Malang atas terselenggaranya kegiatan pagi ini,” ungkapnya.
Pak Bas, sapaan akrab Dr. Basuki Agus Priyana Putra, M.Pd berharap siswa yang mengikuti sosialisasi kesehatan reproduksi remaja menyebarkan informasi penting ini kepada teman yang lainnya. “Semoga nanti bisa menularkan informasi penting ini kepada temannya,” Tambahnya.
Sementara itu, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SMAN 7 Malang Dr. Basuki Agus Priyana Putra, M.Pd, Analis Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Kota Malang Arsyilina, MKS, M.Kes serta Dosen Poltekkes Kota Malang Sheilla Tania Marcelina, S.Keb.Bd, M.Kes dan Nur Eva Aristina, S.ST M.Keb.
Sheilla Tania Marcelina mengatakan sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan upaya preventif agar tidak marak seks pra nikah yang terjadi di kalangan remaja. Karena dampak dan bahaya yang diakibatkan dari seks pra nikah dia berharap semua peserta menjaga dirinya sendiri dari bahaya seks pra nikah. “Contoh virus yang bisa menyerang pelaku seks pra nikah adalah HIV yang bisa mengancam nyawa, ” jelasnya.
Selain kesehatan reproduksi yang disampaikan para pemateri juga terkait kesehatan mental. Karena kesehatan mental juga saling terkait dengan reproduksi remaja.