September 26, 2022

Dr. Ninik Kristiani Ajak Kepala Sekolah Rencanakan Program Tepat Sasaran

SABHATANSA – Pelaksanaan Program Pengawasan Sekolah dilaksanakan Selasa pagi (16/8) di ruang Widyaloka SMAN 7 Malang. Hadir dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 tersebut Pengawas Pembina SMA Dr. Ninik Kristiani, M.Pd. Selain itu hadir pula para kepala sekolah didampingi wakil kepala sekolah bidang kurikulum serta TPMPS (Tim Penjaminan Mutu dan Pengembang Sekolah) dari sejumlah SMA Negeri dan Swasta Kota Malang.
Menurut Ninik, fokus kegiatan di Bumi Sabhatansa ini adalah melaksanakan pembimbingan dan pelatihan bagi kepala sekolah untuk merancang program. “Tentunya sesuai arahan kementerian yakni melaksanakan Perencanaan Berbasiskan Data (PBD), ” jelas pengawas yang sudah menjadi kepala sekolah di sejumlah SMA Negeri Kota Malang ini.
Program kerja 2023 nanti kita susun bagaimana caranya bisa memenuhi kebutuhan guru. Sehingga bisa membantu meningkatkan profesional kinerja guru. “Harapan saya masuk ke sekolah tidak lagi membebani, tapi memberdayakan apa yang butuh didorong dan didampingi, ” katanya.
Selain itu, dirinya juga mengingatkan bahwa pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) akan dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2022. “Nanti saya bantu fasilitasi dan saya diberi data kemudian saya akan analisis hasil PKG, ” tambahnya.
Pengawas kelahiran 1967 ini menambahkan guru dan kepala sekolah juga akan didorong untuk menulis penelitian tindakan. Jika guru bisa melakukan PTK (penelitian tindakan kelas) sedangkan kepala sekolah bisa melakukan PTS (penelitian tindakan sekolah). “Semua bisa dilakukan dari permasalahan yang ada di kelas maupun permasalahan yang ada di sekolah secara luas,” terangnya.