November 25, 2020

Bromelia (3 colors)

Bromelia (3 colors)

Bromelia adalah kelompok tanaman yang bernaung di bawah keluarga Bromeliaceae [1] [https://id.wikipedia.org/wiki/Bromeliaceae]

yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ratusan hingga ribuan hibrida. Asal muasal tanaman yang salah satunya adalah nanas yang berasal dari Amerika. Tercatat hanya satu yang habitat nya di Afrika, yaitu Pitcairnia Feliciana.

Banyak Bromelia yang menarik udntuk dibudidayakan. Daun yang beraneka warna dan corak daun yang mempesona membuat tanaman ini disukai sebagai tanaman hias daun. Beberapa Bromelia memunculkan bunga dengan bentuk dan bunga yang atraktif. ada pula yang daunnya indah,ditambah dengan bunga yang cantik. khusus untuk nanas, buahnya bisa dimakan. Kebanyakan Bromelia tumbuh dengan daun roset dan biasanya tanpa batang. Ukuran tanaman sangat bervariasi, dari yang sangat kecil, yaitu Tillandsia, hingga yang paling besar, yaitu Puya raimondii. Tinggi tanaman yang disebut terakhir ini dapat mencapai 10 meter. Di alam Bromelia tumbuh pada lingkungan yang variatif, kebanyakan tumbuh pada pepohonan sebagai tanaman epifit. Ada juga yang tumbuh di tanah dan bebatuan.

Mengatasi Hama dan Penyakit

Bromelia termasuk tanaman yang jarang terkena penyakit atau terserang hama. Namun, hama dan penyakit dapat menyerang kapan saja. Hal yang terpenting adalah bagaimana mengantisipasi dan menaganinya kalau terjadi.

1.      Hama

Hama yang menyerang Bromelia adalah kutu putihkutu sisik, dan belalang. Kutu putih atau kutu sisik dapat dihilangkan dengan menyeka daun menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air dan sediki ditergen. Daun yang sudah tidak bisa ditolong sebaiknya dipotong. Dalam keadaan terpaksa, gunakan insektisida untuk mengatasinya.

2.      Penyakit Penyakit yang menyerang Bromelia disebabkan oleh cendawan [4] [https://id.wikipedia.org/wiki/Fungi] atau bakteri [2] [https://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri]. Usahakan untuk menggunakan media yang steril untuk menangani Bromelia. Bila penyakit sudah menyerang potong daun-daunnya,karena bonggolnya mungkin masih bisa menumbuhkan daun. Untuk mengendalikan cendawan Bromelia bisa disemprot dengan larutan dithane, setiap bulan dengan konsentrasi. Hal ini perlu dilakukan pada musimhujan.