SEMANGAT KARTINI SELAMATKAN BUMI PERTIWI

 

 

Senin, 23 April 2018 seluruh siswa dan guru SMA Negeri 7 Malang memperingati Hari Kartini dan Hari Bumi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya SMA Negeri 7 Malang memadukan dua tema yaitu Hari Kartini dan Hari Bumi dalam satu acara. Tujuannya adalah untuk mengajarkan pada seluruh peserta didik agar tidak lupa dengan nilai-nilai luhur perempuan Indonesia  melalui perjuangan Kertini serta menerapkan semangat perjuangan Kartini dalam menjaga lingkungan.

Kegiatan peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Ibu Kustilah. Seluruh siswa perempuan pada hari itu mengenakan pakaian tradisional kebaya, sedangkan siswa laki-laki mengenakan pakaian tradisional beskap. Tidak kalah dengan para siswa, bapak dan ibu guru pun mengenakan pakaian senada. Setelah apel pembukaan selesai, dilakukan pelepasan burung dara sebagai simbol pembukaan acara peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi. Burung dara melambangkan kebebasan dan kesaimbangan alam dalam misi pelestarian lingkungan yang diusung SMA Negeri 7 Malang dalam peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi.

Sebelum serangkaian acara lomba dan pentas seni dimulai, masih dilapangan apel pembukaan Peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi, ada pertunjukan dari para Srikandi Pakibra Sabhatansa dan Silat SMAN 7 Malang.

 

 

Foto : Penampilan dari ekskul Paskibra Sabhatansa dan Silat usai apel pembukaan

 

Acara dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan untuk siswa dan guru. Jenis perlombaan yang dipilih untuk memeriahkan acara Peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi tidak hanya untuk bersenang-senang, namun juga mengandung unsur pembelajaran dan pembentukan karakter siswa-siswi SMA Negeri 7 Malang. Perlombaan tersebut diantaranya :

 

Lomba Analisi Lingkungan Sekolah

 

Foto diatas merupakan salah satu presentasi mengenai permasalahan lingkungan sekolah beserta solusinya, yang dilakukan oleh peserta lomba yang mewakili kelasnya. Pada lomba analisi lingkungan ini peserta lomba sebelumnya dihimbau untuk mengamati lingkungan SMA Negeri 7 Malang, dan menyajikan temuan permasalahan serta mencari solusi pemecah masalah tersebut. Lomba ini mengajarkan kepada siswa agar mereka lebih kritis dan peduli pada lingkungan tempat tinggal mereka. Selain itu Analisis Lingkungan ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh SMAN 7 Malang sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri untuk mengimbaskan jiwa cinta lingkungan pada seluruh siswa SMAN 7 Malang.

Lomba Poster

500

Pada lomba ini siswa dapat menyalurkan bakat menggambarnya. Namun penilaian lomba ini tidak hanya pada bagus atau tidaknya gambar melainkan juga pada pesan yang disampaikan melaui poster tersebut.

 

Lomba Putri Kartini

 

Foto:  Para pemenang lomba Putri Kartini usai menerima penghargaan

Salah satu lomba yang selalu ada disetiap tahun dalam perayaan Hari Kartni di SMAN 7 Malang adalah lomba putri kartini. Perlombaan ini tidak hanya menilai penampilan luar para peserta lomba, tapi juga menilai mengenai wawasan dan pengetahuan peserta mengenai pengetahuan umum, makna perjuangan R.A. Kartini, dan lingkungan sekitar.

Lomba Merias Wajah

 

Lomba merias wajah ini khusus untuk para siswa laki-laki.

Lomba Rangking 1

Pada lomba Rangking 1 ini wawasan pengetahuan siswa akan diuji melalui pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan oleh juri. Pagi siswa yang mampu menjawab seluruh pertanyaan dan mampu bertahan di setiap babak perlombaan maka siswa tersebut akan mendapatkan predikat Rangking 1.

Kemeriahan Peringatan Hari Kartini tidak berhenti disitu. Selain lomba untuk siswa ada pula lomba untuk guru diantara sebagai berikut :

Lomba Memasak Nasi Goreng

Jika memasak identik dengan para ibu-ibu, maka diperlombaan ini yang menjadi peserta lomba adalah bapak guru. Kesabaran dalam menyajikan hidangan dan juga rasa masakan akan menjadi poin penting dalam perlombaan ini.

Lomba Merangkai  Toga

 

Acara Peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi bertambah meriah dengan penampilan dari beberapa grub band siswa SMA Negeri 7 Malang. Foto diatas merupakan penampilan salah satu grub band siswa SMA Negeri  7 Malang.