Bagi siswa baru, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap sekolah menyelenggarakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan tema “Kiprahkan Aksimu Tembus Cakrawala Sabhatansa” Kegiatan MPLS ini dilakukan pada awal sekolah bagi siswa baru yang diterima di sekolah tersebut.

Untuk tahun pelajaran 2017/2018 Siswa Baru yang diterima masuk SMAN 7 Malang mengikuti kegiatan MPLS dengan penuh antusias siswa diajak untuk mengenali sekolah baru tempat mereka akan menimba ilmu lebih kurang 3 tahun berikutnya. Siswa baru diajak berkeliling lingkungan sekolah dan mempelajari setiap ruangan yang di laluinya. Dari tempat pembelajaran, fasilitas sekolah hingga taman taman sekolah.

Sebanyak kurang lebih 300 siswa baru kelas X mengikuti kegiatan MPLS selama 4 hari terhitung dari tanggal 11 Juli hingga 14 Juli 2017. Osis (selaku panitia MPLS) membagi beberapa kelompok, dan setiap kelompok mempunyai PK (pendamping kelas) untuk menemani dan membagi ilmu selama kegiatan berlangsung.

“Tantanganya adalah siswa wajib berani aktif dan mampu berpikir kritis. Karena materinya berupa bermain peran” Jelas Ketua Osis SMA 7 Malang mengenai tema MPLS tahun ini.

MPLS 2017

Gambar 1. Siswa baru tampak riang mengikuti MPLS 2017

 

 

 Gambar 2. Ketua Kelompok sedang menjelaskan tugas yang diberikan oleh kakak pembina MPLS

 

 Gambar 3. Demo Exskul Futsal oleh kakak kelas XI dan XII

Gambar 3. Demo Exskul Kelas Bahasa Asing (jepang)

Gambar 4. Dan hari terakhir di tutup dengan Pentas Inagurasi yang dipersembahkan oleh kakak kakak pembina OSIS.