4 Tips Mempersiapkan Diri Untuk UNBK







 

Yuk disimak tips tips mendekati UNBK ini,semoga sukses yaa teman teman.

 

1. Baca Ulang Materi Pembelajaran

Pastinya, saat UNBK kamu akan menghadapi soal-soal dari materi yang telah dipelajari di kelas. Oleh sebab itu, kamu harus membaca ulang materi-materi yang telah dipelajari. Fungsinya tentu untuk menyegarkan ingatanmu akan materi pembelajaran. Setelah sekian lama belajar, pasti ada saja materi pembelajaran yang kamu lupa.

Dengan membaca ulang materi pembelajaran maka kamu akan kembali ingat materi tersebut. Membaca ulang materi itu kiranya harus dimulai dari pelajaran terakhir yang dipelajari di kelas. Setelah kamu sudah memahami materi tersebut, barulah pelajari materi-materi lampau. Jangan sampai kamu tidak mempelajarinya karena kemungkinan materi lama akan muncul dalam soal UNBK.

2. Mengadaptasikan Diri dengan Komputer

Namanya UN online pastinya dilaksanakan dengan menggunakan komputer. Oleh sebab itu, kamu harus sudah bisa menguasai penggunaan komputer. Kamu pun harus tahu istilah-istilah komputer.

Untuk itu, mulai dari sekarang kamu sudah harus terbiasa menggunakan komputer. Mulailah mempelajari penggunaan komputer. Mulai dari cara menyalakannya hingga melengkapi pengetahuan akan istilah komputer.

Ada beberapa hal yang harus kamu kuasai. Pertama ialah cara login. Sebab, untuk mengikuti UNBK, kamu harus bisa login pada laman khusus. Kamu harus sudah mengetahui mekanisme login UNBK. Cari informasi mengenai pelaksanaan UNBK terdahulu, baik itu dari guru maupun dari kakak kelas yang sudah lulus.

Kedua, kamu sudah memahami istilah komputer. Berbagai pengetahuan istilah komputer bisa kamu ketahui dari banyak sumber. Coba-cobalah searching agar kamu tidak gagap saat mendapat penjelasan pelaksanaan UNBK saat pelaksanaannya nanti.

Dan, terakhir, terbiasalah dengan layar komputer. Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan stamina kamu saat pengerjaan soal. Jangan sampai mata kamu letih saat mengerjakan UNBK nantinya.

3. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik cukup penting kalau kamu ingin mendapatkan hasil maksimal pada pelaksanaan UNBK 2018 nanti. Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan dan kebugaranmu. Kalau kamu senang berolahraga, gunakan hobi kamu tersebut untuk menjaga kebugaran. Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, latihlah kekuatan stamina mata. Jangan sampai mata kamu cepat lelah saat menatap layar komputer.

Untuk melatihnya, kamu jangan ngoyo dan memaksakan diri menatap terlalu lama layar komputer. Cukup membiasakan diri dengan pancaran cahaya dari layar. Kalau kamu menatap terlalu lama layar komputer tentunya akan berdampak negatif, salah satunya ialah mengurangi daya penglihatanmu. Tak lupa, kamu juga harus menjaga kesehatan saat menjelang waktu pelaksanaan UNBK. Jangan sampai kamu sakit dan tidak bisa mengikuti UNBK ya guys!

    Persiapan mental juga tidak kalah penting lho! Sebab, kalau mental kamu tak terlatih maka akan menyebabkan kepanikan saat      pelaksanaan UNBK. Melatih mental untuk menghadapi UNBK cukuplah mudah. Pertama, kamu harus terbiasa bersikap           tenang dalam situasi apapun. Ketika kamu panik, biasakan untuk menarik nafas panjang dan menghembuskan nafas perlahan.      Melakukan itu pastinya akan membuat kamu lebih tenang. Selanjutnya, latihlah kepercayaan dirimu. Untuk melatihnya, kamu cukup membiasakan diri yakin akan apapun yang kamu kerjakan. Dengan sering melatih kepercayaan dirimu maka kamu akan terbiasa tenang dan yakin ketika mengerjakan suatu hal.

4. Seringlah Mengerjakan Latihan Soal

Nah, inilah persiapan wajib yang jangan sampai kamu lakukan. Tanpa melakukan latihan soal pastinya kamu tidak akan siap menghadapi ragam soal yang muncul. Latihan soal itu akan memberikan banyak insight ragam soal yang mungkin keluar saat UNBK. Sering menghadapi latihan soal maka kamu bisa memprediksi materi apa saja yang muncul nanti. Selain itu, latihan soal akan memberikan kamu kesempatan untuk menyusun strategi dalam mengerjakan soal. Strategi itu akan membantu kamu memaksimalkan waktu pengerjaan soal sehingga tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk mengerjakan satu soal.

sumber : quipper