Melati Air [ Mexican Sword-Plant ]


Klasifikasi
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Alismatidae
Ordo : Alismatales
Famili : Alismataceae
Genus : Echinodorus
Spesies : Echinodorus palaefolius var. latifolius

Bunga Melati Air adalah tanaman yang sangat indah dan menyegarkan udara, bunga ini juga disebut [Echinodorus Paleafolius]. Melati ini sangat unik karena hidup di air. Bunganya putih biasanya mempunyai kelopak bunga 3 dengan kepala sari berwarna kuning ditengahnya yang membentuk sebuah lingkaran. campuran warna putih dan kuning ini semakin menambah keanggunan dari melati air itu sendiri.

.

Bunga Melati Air bunganya hampir sama dengan bunga melati biasa, tapi sangat suka sama air (Water Addict). Tanaman ini punya banyak kelebihan. Selain rajin berbunga tak kenal musim, melati air juga punya bentuk daun yang eksotis, makin ke atas makin melebar. Bunga ini akan mekar pada saat pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari. Bunga Ini tidaklah manja dan tidak memerlukan penanganan khusus dikarenakan tanaman ini sangat gampang untuk hidup.

.

Daun melati air agak kaku, permukaan dan bagian bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang kasar. Pada jenis tanaman ini terdapat tiga macam bentuk daun yang sering dijumpai, yakni bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil. Masing-masing memiliki bunga serupa, namun dengan ukuran yang berbeda. Tanaman jenis ini tidak tahan sinar matahari sepanjang hari. Jika daunnya berwarna kekuning-kuningan, sebaiknya dipindah ke tempat yang sedikit terlindung.

.

Jika anda ingin menanam bunga melati air ini, caranya tidak sesulit yang kita bayangkan. Melati air bisa ditanam di mana saja di seluruh bagian rumah. Bisa di halaman belakang, di samping, atau di halaman depan rumah yang penting cukup cahaya dan cukup air. Melati air ini cepat beradaptasi dan terbiasa dengan kondisi. Maksudnya, jika kita memberi air banyak sampai menggenang untup setiap harinya maka melati air ini akan suka pada keadaan seperti ini. Sebaliknya, jika kita mengurangi takaran air menjadi sedikit maka melati akan stress karena keadaan tak sesuai dengan biasanya.