Kuping Gajah (Anthurium Cryatallium)

 

 

 

 

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium. Tanaman ini termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Dialam, biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel di batang pohon. Dapat juga hidup secara terestrial di dasar hutan.

Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Daun umumnya berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat sosok tanaman ini tampak kekar namun tetap memancarkan keanggunan tatkala dewasa. Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif. Dimasa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon, dipuja sebagai tanaman para raja.

Secara umum anthurium dibedakan menjadi dua yaitu jenis anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong.

Tanaman kuping gajah (Anthurium andreanum Linden) biasa kita temukan di teras rumah-rumah sebagai tanaman hias. Tanaman Kuping Gajah sangat mudah menanamnya hanya memerlukan air yang cukup, bisa ditanam di dalam maupun diluar Ruangan. Tanaman ini asalnya dari Amerika tengah dan selatan Tanaman kuping gajah hidup di dataran rendah (0 m dpl.), sampai ke dataran tinggi 2000 m dpl. Tanaman ini memerlukan kelembaban yang tinggi untuk hidup dengan sinar matahari 50%. Tanaman kuping gajah merupakan jenis tumbuhan semak, batangnya berdiri tegak. Bentuk daunnya tunggal, duduk dalam roset akar, berpelepah, lonjong, panjang 25 – 30 cm, lebar 15 - 20 cm, pertulangan menyirip, tulang daun keputih-putihan, hijau.

Bentuk bunganya Majemuk, berkelamin dua, di ujung batang, kelopak bulat, halus warnanya merah umumnya kadang juga ada yang berwarna lain, kepala sari kuning, mahkota kuning Daun dan batang tanaman kuping gajah ini  mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.

 

Manfaat dan Khasiat Bunga Kuping Gajah :

Obat bengkak pada tenggorokan dan mulut.