Jenggot Fir’aun

 

 

 
   

 

 

 

Tillandsia, termasuk dalam jenis tanaman hias. Tillandsia yang mempunyai nama latin Tillandsia

 

usneoides, di Indonesia dikenal juga dengan nama janggut nabi, janggut firaun, atau janggut musa. Sedangkan di negara Inggris, tempat orang yang pertama kali menemukan jenis tanaman ini, tillandsia disebut spanish mass.

 

Di habitat aslinya, tillandsia hidup merambat dan menempel di pohon-pohon besar seperti benalu. Bentuk tanaman tillandsia ini seperti benang kusut dan tidak beraturan. Untuk menjadikannya sebagai tanaman hias, kita mesti memotong dan menarapikannya, serta menanamnya dalam pot gantung sehingga tanaman ini akan tumbuh indah dan menjuntai seperti tirai. Tidak heran, para pecinta tanaman ini, pada umumnya menjadikannya tillandsia sebagai tirai penutup teras rumah.

 

Tanaman tillandsia ini termasuk tanaman hias yang mudah perawatannya. Menanamnya pun tidak perlu menggunakan tanah. Bisa demikian, karena tanaman tillandsia tumbuh dengan memakan bakteri yang ada di udara. Untuk merawatnya cukup dengan menyemprotkan air setiap hari dan tillandsia akan tumbuh subur.

 

Keunikan lain dari dari tanaman ini adalah warnanya yang bisa berubah. Apabila tanaman tillandsia ini ditempatkan di tempat yang panas, warnanya akan menjadi putih kehijau-hijauan. Sedangkan apabila tanaman ini ditempatkan di tempat yang dingin atau sejuk, warnanya akan berubah menjadi hijau. 


Berdasarkan keunikannya tersebut, tanaman tillandsia yang termasuk tanaman gantung ini sangat cocok untuk menghiasi teras rumah. Selain sebagai tanaman hias, keberadaan tanaman tillandsia di teras rumah dapat berfungsi sebagai penyejuk atau penghalang sinar matahari langsung masuk ke rumah, sekaligus sebagai penghalang atau mengurangi polusi dari debu yang mengotori teras rumah.

Menanam  dan merawat tanaman tillandsia tidaklah rumit, berikut  cara  perawatan  tanaman tillandsia (janggut nabi) :

·         Semprotlah tanaman ini dengan air sehari sekali.

·         Jangan terlalu sering memotong tanaman ini. Biarkan tillandsia tumbuh panjang dulu, setelah itu baru dipotong untuk dirapikan.

·         Seringlah mengecek tanaman ini, jangan sampai ada semut atau kutu daun yang bersarang. Bentuk tanaman tillandsia yang seperti benang kusut, membuat binatang tersebut senang bersarang diantara daun/batangnya.