Lidah Jin

Sebelumnya minta maaf kalau anda sudah merasa terjebak dengan judul di atas. Tulisan kali ini sama sekali tidak ada hubunganya dengan Jin. Lidah Jin yang di maksud di sini, itu hanya nama tanaman hias dari jenis Sanseviera. Saya sendiri gak tau, siapa orang pertama yang mengatakan jenis Sanseviera yang satu ini Lidah Jin. Nama Lidah Jin pertama kali saya mendengarnya dari penjual tanaman itu sendiri beberapa tahun ke belakang.

 

sanseviera masoniana

Kemarin siang saya iseng photo photo Lidah Jin ini yang tampak jelas tidak terurus secara maksimal, beda dengan dulu daunya selalu bersih karena sering di lap malah untuk dapat efek mengkilap pernah juga di lap dengan bir. Tapi lidah Jin tetap saja tidak bisa begitu mengkilap karena permukaan daunya kasar beda dengan jenis Sanseviera yang lain.

Setelah photo photo dengan kamera hp yang hanya 2,0  MP,  lantas duduk di kursi usang sambil melihat Lidah Jin yang terongok di sudut kanan teras depan rumah, saya bertanya “apa bener tanaman ini namanya Lidah Jin ?”. Jadi penasaran, ahirnya mencari tau di internet ternyata nama tanaman hias ini “Sanseviera Masoniana” . Nama yang cantik.

Dulu lidah jin ini, harganya lumayan mahal di jual perlembar daun. Saya sendiri dulu beli hanya 1 lembar daun terus di kembangbiakan jadi beberapa pot, nah untuk sekarang malah banyak gak terurus / gak di urus, di biarkan saja tumbuh liar hehe.

Adapun ciri ciri Lidah Jin, daunya tebal kaku, berwarna hijau tua dengan motip putih samar tak beraturan. Kadang tumbuh tunggal dengan hanya 1 daun saja tapi kadang juga majemuk / daunya tidak tunggal.

 

lidah jin

Perbedaan nama satu jenis tanaman atau apa saja sudah menjadi ciri ke ragaman bahasa dan itu hal yang biasa.

 

Add comment

Security code
Refresh