BUNGA SIKAT BOTOL MERAH

Callistemon atau yang akrab dipanggil ‘Bunga Sikat Botol’ merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman peneduh lain yang memiliki keindahan mempesona bagi siapapun yang melihatnya. Bunga Sikat Botol adalah tanaman asli dari benua Australia. Memiliki sebutan sebagai si penyemarak tanaman, Bunga Sikat Botol adalah salah satu tanaman yang berbunga secara terus-menerus sehingga bunganya akan selalu terlihat ramai dan indah.

Di daerah-daerah yang memiliki cuaca cukup panas seperti Jakarta, Yogyakarta, dan kota besar lainnya membuat tanaman yang satu ini tidak dapat berbunga dengan maksimal (bunganya tidak lebat). Namun, apabila anda menanamnya di daerah yang memiliki suhu cukup rendah serta cuaca yang cenderung sering mengalami hujan, seperti daerah Puncak, maka akan membuat bunga-bunga yang tumbuh lebih besar dan lebih lebat dibandikan dengan ditanam di daerah asalnya.

Tanaman ini disebut sebagai Bunga Sikat Botol tentu karena bentuknya yang menyerupai sikat botol. Dengan perpaduan lebatnya bunga serta warna yang menarik seperti merah, pink, dan juga putih membuat tanaman ini digilai para pecinta tanaman. Daun dari tanaman ini memiliki aroma yang wangi dan sedikit mirip aroma dari minyak kayu putih. Saat bunganya habis, maka pucuk dari Callistemon ini akan memanjang dan membentuk kembali bunga-bunga yang akan ditopang oleh tangkai-tangkai yang berbulu halus.

Bunga Sikat Botol sejauh ini telah dikenal dengan berbagai jenis yaitu, bunga sikat botol berwarna merah daun bulat, pink dan putih, merah daun runcing, pink cerah dan yang lainnya. Biasanya bunga sikat botol tumbuh di daerah yang memiliki iklim panas, terkecuali Calistemon mini yang lebih cocok di tempat beriklim dingin.

Untuk urusan pertumbuhan, tanaman Bunga Sikat Botol bisa dibilang merupakan tanaman yang cukup bandel, hanya saja ia tidak begitu menyukai air yang tergenang. Maka dari itu, apabila anda ingin menanam tanaman yang satu ini anda perlu memperhatikan kadar air, apabila berlebih sebaiknya anda buang